Pengertian Media Humas
Media Humas (PR Media)
adalah segala bentuk media (sarana/saluran/channel) yang digunakan oleh
seorang praktisi humas dalam pekerjaannya dengan tujuan mempublikasikan secara
luas dengan tujuan agar produk atau jasa yang humas pasarkan lebih dikenal oleh
masyarakat.
Media humas lebih bersifat kepada publikasi dan komunikasi. Media komunikasi yang penting digunakan humas adalah dalam kemitraannya dengan media pers (cetak atau elektronik) yang dikenal dengan media relations (hubungan media) atau press relations (hubungan pers).
Tujuan Media Humas
Media humas lebih bersifat kepada publikasi dan komunikasi. Media komunikasi yang penting digunakan humas adalah dalam kemitraannya dengan media pers (cetak atau elektronik) yang dikenal dengan media relations (hubungan media) atau press relations (hubungan pers).
Tujuan Media Humas
1. Sarana promosi & media pemasaran
2. Komunikasi berkesinambungan
3. Tingkatkan kepercayaan publik
4. Tingkatkan citra perusahaan/organisasi
Jenis Media Humas
Jenis Media Humas
Menyadari
potensi yang dimiliki oleh media massa dalam menyebarkan iinformasi dan berita,
maka diperlukan pemikiran tentang pemilihan media dan informasi, sehingga
segala kegiatan promosi yang dilakukan oleh Humas benar-benar dapat
dipubliasikan secara efektif efektif dan efisien.
Berikut jenis media yang seri
digunakan oleh praktisi humas :
1. Media Cetak (jurnal inhouse, surat kabar, majalah, dll)
2. Online Media (website, blog,
media sosial, email, dll)
3. Broadcasting Media (radio,
televisi, dll)
4. Special Event (seminar,
workshops, dll)
5. Outdoor Media - Media Luar Ruang
(spanduk, papan reklame, poster, dll)
Pemilihan Media
Seperti yang telah diketahui di atas bahwasanya segala kegiatan yang dilakukan oleh humas agar dapat tercover dengan baik, maka diperlukan pemilihan media yang tepat, efektif dan efisien.
Berikut pemilihan media promosi
berdasarkan kelebihannya.
1. Radio : Pada
media radio, penyampaian gagasan yang sederhana dan mudah dimengerti merupakan
salah satu andalannya, setelah itu segala macam koreksi dapat dilakukan secara
langsung, mempunyai segmen pendengar tersendiri.
2. Televisi : Jangkauan
dari televisi dapat diterima oleh masyarakat luas, sifatnya yang audio visual
lebih menarik.
3. Surat kabar
: Menjangkau semua lapisan masyarakat dan biayanya murah
0 Response to "HUMAS"
Posting Komentar