HUMAS


Pengertian Media Humas
Media Humas (PR Media) adalah segala bentuk media (sarana/saluran/channel) yang digunakan oleh seorang praktisi humas dalam pekerjaannya dengan tujuan mempublikasikan secara luas dengan tujuan agar produk atau jasa yang humas pasarkan lebih dikenal oleh masyarakat.

Media humas lebih bersifat kepada publikasi dan komunikasi. Media komunikasi yang penting digunakan humas adalah dalam kemitraannya dengan media pers (cetak atau elektronik) yang dikenal dengan media relations (hubungan media) atau press relations (hubungan pers).

Tujuan Media Humas

1. Sarana promosi & media pemasaran
2. Komunikasi berkesinambungan
3. Tingkatkan kepercayaan publik
4. Tingkatkan citra perusahaan/organisasi

Jenis Media Humas
Menyadari potensi yang dimiliki oleh media massa dalam menyebarkan iinformasi dan berita, maka diperlukan pemikiran tentang pemilihan media dan informasi, sehingga segala kegiatan promosi yang dilakukan oleh Humas benar-benar dapat dipubliasikan secara efektif efektif dan efisien.
Berikut jenis media yang seri digunakan oleh praktisi humas :

1. Media Cetak (jurnal inhouse, surat kabar, majalah, dll)
2. Online Media (website, blog, media sosial, email, dll)
3. Broadcasting Media (radio, televisi, dll)
4. Special Event (seminar, workshops, dll)
5. Outdoor Media - Media Luar Ruang (spanduk, papan reklame, poster, dll)

Pemilihan Media

Seperti yang telah diketahui di atas bahwasanya segala kegiatan yang dilakukan oleh humas agar dapat tercover dengan baik, maka diperlukan pemilihan media yang tepat, efektif dan efisien.
Berikut pemilihan media promosi berdasarkan kelebihannya.
1.      Radio : Pada media radio, penyampaian gagasan yang sederhana dan mudah dimengerti merupakan salah satu andalannya, setelah itu segala macam koreksi dapat dilakukan secara langsung, mempunyai segmen pendengar tersendiri.
2.      Televisi : Jangkauan dari televisi dapat diterima oleh masyarakat luas, sifatnya yang audio visual lebih menarik.
3.      Surat kabar : Menjangkau semua lapisan masyarakat dan biayanya murah
4.      Media Online : Hampir semua perusahaan saat ini sudah mengakrapkan diri dengan media online sifatnya yang trending, terutama media sosial & blog, menjangkau seluruh lapisan masyarakat bahkan menjangkau seluruh dunia (internasional), dapat diakses kapan dan di mana saja, terdokumentasi dan tidak banyak membutuhkan biaya bahkan gratis.

0 Response to "HUMAS"

Posting Komentar